Senin, 05 September 2016

SMA Negeri 3 Teladan Jakarta Juara 1 dan Juara 3 Economics Research Paper (ERP) Kompetisi Ekonomi (KOMPEK) ke 18 Tahun 2016 Tingkat Nasional

sumber: http://darfians.blogspot.co.id/2016/02/kompek-18-our-work-in-training-paid-off.html

Siswa-siswi SMA Negeri 3 Teladan Jakarta kembali mengukir prestasi dibidang keilmuan ekonomi melalui KOMPEK (Kompetisi Ekonomi) 2016 berskala nasional yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia. Tidak tanggung-tanggung 2 tim SMAN 3 Jakarta itu meraih juara ke 1 dan ke 3.
Dengan lima tim (15 orang) yang lolos final, kami menunjukkan karakter. Tentu saja kemenangan akan lebih baik.
 
Untuk cabang ERP, kami bertanding melawan finalis yang pernah jadi pemenang pada ERP KOMPeK 16, yaitu SMAN 1 Garut (yang juga lolos dua tim dari delapan tim) — SMAN 1 Garut Tim B mendapatkan 1 kuota wildcard untuk lolos ke babak final setelah SMAN 1 Tarakan Tim B mengundurkan diri. Dengan pengalaman mereka, sangat layak SMAN 1 Garut Tim C bisa menempati posisi ke-2, sehingga ERP Tim C dari SMAN 3 Jakarta hanya menempati peringkat ke-3.
 
Jujur saja…. ketika SMAN 1 Tarakan Tim B mundur, saya berharap ERP Tim B dari SMAN 3 Jakarta yang bisa lolos. Namun, jika benar begitu kejadiannya……. tensi persaingan akan menjadi kurang seru karena tiga dari delapan tim yang bertanding berasal dari SMA yang sama.
Jadi, hipotesanya (menurut saya) tidak akan pernah kejadian sepanjang sejarah KOMPeK, untuk cabang ERP bisa lolos sekaligus 3 tim dari SMA yang sama. Meskipun, dari sekolah tersebut mengirimkan 4 tim paper atau lebih. Saran untuk panitia (khususnya cabang ERP), agar membatasi jumlah maksimal paper yang bisa dikirim tiap sekolah sebanyak 2 buah (seperti yang telah diterapkan untuk cabang EQ mulai tahun 2016). Jika sampai mengirimkan 4 tim, akan sangat banyak membuang sumber daya (dalam proses pengerjaan paper), sementara yang bisa lolos hanya maksimal 2 tim.
Pemenang KOMPeK 18
Berikut ini merupakan list finalis KOMPeK 18 dari cabang EQ, EDC, ERP, dan BC:
Setelah melalui serangkaian babak final di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, berikut merupakan listpemenang KOMPeK 18 dari tiap cabang kompetisi.
Economic Quiz (EQ)
  1. SMAN 4 Denpasar
  2. SMAN 1 Jember
  3. SMAN 2 Bekasi
Economic Debate Competition (EDC)
  1. SMAN 4 Denpasar
  2. SMAN 2 Tangerang Selatan
  3. SMA Regina Pacis Bogor
Economic Research Paper (ERP)
  1. SMAN 3 Jakarta
  2. SMAN 1 Garut
  3. SMAN 3 Jakarta
Business Challenge (BC)
  • SMAN 2 Lamongan
  • SMAN 5 Surabaya
  • SMA Kharisma Bangsa
Saya tak mengetahui persis apa semua arti kemenangan. Untuk menang, kita bisa melakukannya sekali tanpa bermain bagus, atau menjadi beruntung. Tapi untuk menang berkali-kali, kita tak bisa melakukannya tanpa kualitas kelas atas.
 
Memang sangat luar biasa rasanya jika banyak orang ikut senang atas suatu kesuksesan. Ini adalah adrenalin yang mengangkat dan memberi motivasi yang tak terhingga.
Proyeksi Ke Depan Teladan KOMPeKian All Stars
Dengan adanya statistik….. catatan, history, dan pengumpulan bukti, fakta dapat menjadi otentik — seseorang pernah berbuat apa, apa tindakan yang pernah diambilnya, dan pada akhirnya bisa didapat polanya. Gunanya? Antara lain perbaikan di masa mendatang, dan dalam kasus ini, analisis peta kekuatan rival.
 
Jika SMAN 3 Teladan ingin kembali juara tahun depan, maka sebuah tim harus menciptakan instabilitas di dalamnya. Untuk melakukan hal itu, kita harus membuat mereka ragu. Kita harus mengadakan big audition kembali dan memilih squad yang baru tahun depan. Tidak ada keistimewaan, termasuk mereka yang (saat ini kelas X dan XI) telah lolos final atau bahkan menjuarai KOMPeK 18. Kita harus membawa para siswa dalam tiap tim keluar dari zona nyaman mereka. Sebab ada kecenderungan seseorang akan sulit keluar dari zona nyaman saat sesuatu yang indah telah diperoleh.
Ke depan, jika saya sudah tidak di SMAN 3 Jakarta lagi, di mana pun saya membimbing, saya ingin dapat merasakan sukses dan memenangi banyak trofi dengan siswa berbeda-beda. Apalagi jika kemenangan tersebut diraih tidak dengan siswa berprestasi. Intinya, suatu saat saya ingin memenangkan KOMPeK bersama dengan SMA lainnya (jika ada yang bersedia menjadikan saya pembimbing dan pengajar). Now every day I work, love every minute of it. Love my job. Love what I’m doing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar